Garansi Lampu

Ilustrasi (gambar milik blendernation.com)

Ilustrasi (gambar milik blendernation.com)

Anda termasuk yang masih menggunakan lampu pijar atau bohlam di rumah? Kalau saya sudah lama tidak, karena semua lampu di rumah menggunakan LHE (Lampu Hemat Energi). Alasannya karena lebih hemat, dan juga cahaya yang dihasilkan lampu bohlam itu kurang enak ke mata. Mungkin ada yang setuju dengan saya.

Lampu pendar atau juga  LED saya lihat belakangan ini lebih gencar iklannya ketimbang lampu pijar. Mungkin saking ketatnya persaingan diantara produsen LHE, masing-masing berusaha mempromosikan keunggulannya, seperti energi yang bisa dihemat, harga, hingga garansi.

Nah berbicara mengenai garansi lampu yang rata-rata usianya 1 tahun itu, pernahkah diantara Anda ada yang melakukan komplain karena lampunya rusak sebelum satu tahun? Kalau saya sih yakin tidak banyak yang melakukan itu, hehe. Ketika membeli mungkin itu jadi salah satu pertimbangan, tapi ketika sudah sampai di rumah mungkin lupa lagi.

Selain malas untuk komplain atau meminta ganti kadang kita juga suka lupa untuk membaca persyaratannya. Hal ini pernah terjadi dengan salah satu teman saya, yang waktu akan minta ganti lampu baru ke toko tempat ia beli tidak diterima karena berbagai alasan. Pertama, si empunya toko ternyata tahu kalau lampu LHE yang dibeli teman saya itu dipasang di luar rumah (outdoor) dan itu tidak bisa diganti, kedua ketika ditanyakan kartu garansinya ternyata tidak ada. Teman saya mengelak dengan menunjukkan tanggal yang dituliskan di lampu, ternyata itu tidak bisa dijadikan bukti.

Memang kebanyakan kita kan biasanya setelah lampu dipasang di rumah, bungkusnya dibuang saja tanpa memedulikan kertas/kartu garansi yang ada di dalamnya. Toh mungkin hanya lampu. Berbeda dengan alat elektronik yang mahal semacam kulkas, mesin cuci atau televisi yang pasti kita amankan kartu garansinya.

Jadi mulai sekarang kalau Anda ingin membeli lampu bergaransi dan berharap ketika rusak sebelum satu tahun bisa diganti harap diingat untuk jangan lupa menyimpan kartu garansinya, dan menggunakannya hanya untuk di dalam rumah.

Harusnya sih produsen lampu memasang tulisan dalam kemasan produknya: “Garansi tidak berlaku untuk pemakaian di luar ruangan (outdoor).”🙂

3 thoughts on “Garansi Lampu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s