Magnús Scheving

lazytownSingkat kata, orang ini menurut saya multi talenta. Apakah Magnús Scheving kecil memang sudah bercita-cita menjadi super hero atau juara senam sejak dulu? Pasti hanya dia yang tahu. Namun pria asal Islandia ini seakan memberikan bukti bahwa berpindah-pindah profesi itu adalah hal yang sangat mungkin. Kalau meminjam istilah Mas Amri, salah seorang guru saya, orang semacam ini benar-benar telah berhasil membuka gembok potensinya.

Tayangan The World’s Richest People beberapa hari lalu yang mengulas sosoknya menarik perhatian saya.  Memulai karir sebagai atlet senam, Scheving menunjukkan prestasinya dengan menjadi juara di negaranya Islandia di tahun 1992. Setahun sesudahnya ia kemudian terpilih menjadi juara senam Skandinavia. Kurun waktu 1994 – 1995 menjadi puncak karirnya sebagai pesenam karena Magnús Scheving berhasil menjadi juara Eropa selama dua tahun berturut-turut. Di tahun 1994 inilah ia pun terpilih menjadi atlet terbaik Islandia.

***

Ternyata yang membuat Magnús Scheving semakin sukses bukan dari keahliannya sebagai pesenam, namun karena hobi menulisnya. Impian masa kecil sebagai super hero membuat  Scheving berkeinginan mewujudkannya dalam bentuk buku. Mantan atlet senam ini kemudian mereka-reka tokoh Sportacus dalam cerita bertajuk “Lazy Town ” Buku tersebut kemudian meraih kesuksesan.

Belum puas sebagai penulis, Magnús Scheving kemudian merintis bisnis entertainment. Dia kemudian membuat tayangan televisi untuk anak-anak sesuai dengan bukunya. Meskipun mesti menunggu sekitar 10 tahun untuk mewujudkan impiannya, pria Islandia ini akhirnya berhasil mengemas Lazy Town dalam berbagai media: buku, film, dan video games.  

Meskipun di Indonesia Lazy Town kurang populer, namun karya Magnús Scheving ini sekarang telah ditayangkan di lebih 100 negara, dan ditonton oleh 40 juta pemirsa anak-anak.

***

Dalam wawancaranya bersama stasiun tv TLC, Scheving membuka satu rahasia penting di balik kesuksesannya: Keluarga. Ia mengakui bahwa dukungan istri dan anak-anaknya sangat berpengaruh besar dalam mewujudkan semua impiannya dan mengantarkannya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s