Latihan Perang Karena Belanda

Ilustrasi (gambar diambil dari http://kabupatenbulukumba.blogspot.com)

Sore kemarin sepasukan tentara yang sedang berlatih lewat di depan rumah. Sambil membawa senjata mereka mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh pelatihnya. Ada yang tiarap, merangkak, berjalan jongkok, ataupun bernyanyi dan meneriakkan yel-yel khas TNI.

Kebetulan saat itu salah satu anak saya yang baru duduk di kelas 1 SD ikut menonton dari balik pagar rumah. Lama juga dia mengamati aktivitas bapak-bapak tentara ini. Awalnya cukup khawatir juga takut anak saya salah menilai terhadap latihan tersebut, karena meskipun latihan tentara itu dilandasi oleh untuk menanamkan nilai kedisiplinan dan patriotisme, bisa jadi di mata anak-anak hal itu dinilai sebagai suatu bentuk kekerasan.

Tadinya dia akan saya suruh masuk, tapi kemudian saya urungkan niat itu. Penasaran juga apa yang ada dalam benak pikirannya setelah melihat latihan tentara tersebut.

Benar saja, setelah usai menonton dan kembali masuk ke rumah, anak saya yang satu ini bertanya tentang sesuatu hal. “Ayah, kenapa sih bapak-bapak tentara tadi pada kotor-kotoran, disuruh jalan merayap, terus  pake dimarah-marahin segala?” Lalu saya jawab: “Nak, itu tadi bapak-bapak tentaranya sedang latihan perang. Sontak direspon lagi oleh anak saya, Loh mau perang dengan siapa emangnya kan Belandanya juga sudah tidak ada???

Hehe. Saya hanya bisa tersenyum mendengar jawaban sang bocah. Saya salah menerangkan sepertinya🙂. Namun di luar itu kadang celotehan anak-anak yang polos itu suka membuat kita tersenyum. Cara mereka menjawab sebenarnya merupakan hiburan bagi orang tuanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s