Flu Singapura

Awalnya saya tidak terlalu menyadari adanya penyakit ini. Hanya pernah mendengarnya sesekali di media. Namun ketika kedua anak saya kena , akhirnya jadi tertarik mencari informasi yang lebih jelas. Ternyata flu singapura ini adalah Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut (KTM) yang disebabkan oleh virus dan banyak menyerang anak di bawah usia 10 tahun. Karena pernah mewabah di Singapura dan menjadi epidemilah penyakit ini kemudian lebih dikenal dengan sebutan flu singapura.

Si sulung kemarin terkena sakit lebih dulu, entah tertular dimana dia? Mungkin bisa jadi di sekolahnya, atau di lingkungan sekitar rumah, setelah itu adiknya juga kena. Namanya juga satu rumah, jadi rentan tertular.

Diawali dengan demam hingga 390C selama 2-3 hari, setelah itu timbullah bercak merah di kaki tangan dan di dekat bibir. Saya sendiri tidak tahu rasanya, tapi ketika saya tanyakan kepada anak saya katanya panas dan gatal. Kemudian timbul juga luka di mulut seperti sariawan yang perih rasanya dan sakit menelan. Makanya dia susah sekali kalau disuruh makan, meskipun kami suapi. Untunglah masih bisa masuk makanan semacam misoa, atau sereal seperti coco crunch.

Yang agak butuh penanganan lebih sulit adalah untuk si bungsu, karena selain makan dan minum dia juga masih minum ASI. Akibatnya lebih rewel ketika ingin ASI namun mulutnya sakit.

Dari hasil diperiksa ke dokter diberikan obat peningkat imunitas dan salep yang mengandung bahan acyclovir. Kalau menurut istri saya yang lebih mengerti, acyclovir ini sejenis bahan antivirus.  Dokter menyarankan agar banyak diberi minum air putih dan diusahakan diberi asupan makanan, untuk menghindari dehidrasi.

Penyakit flu singapura ini cepat sekali menularnya, sekarang saja banyak saudara dan tetangga di sekitar rumah saya yang anaknya juga mengalami sakit yang sama.

Jadi, untuk Anda yang memiliki anak balita, harap berhati-hati, jangan sampai terkena.

***

Informasi lebih jelas, dan beberapa pembahasan media dapat dilihat di sini:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s