Toilet di Travel; Kotor dan Bau

Toilet (courtesy of http://www.clker.com)

Setiap bepergian ke luar kota  menggunakan travel biasanya Saya menyempatkan diri untuk ke toilet dulu sebelum keberangkatan, agar lebih tenang di perjalanannya. Dari beberapa travel yang pernah Saya gunakan, sebagian besar kondisi toiletnya sangat tidak nyaman, alias kotor dan bau. Padahal kalau dilihat konsumen mereka banyak. Boleh jadi para penumpang lain pun memiliki penilaian yang sama dengan Saya.

Dari sejumlah travel terkemuka yang melayani perjalanan Bandung – Jakarta, saya lihat hanya Xtrans yang memperlihatkan kenyamanan penumpangnya dalam hal kebutuhan toilet, kalau yang lainnya sepertinya seadanya saja. Yang penting ada fasilitas toilet! Cukup seperti itu.

Padahal keberadaan toilet yang bersih dan nyaman bisa menjadi nilai lebih bagi bisnis travel-travel ini. Memang tidak ada angka statistik yang mengambarkan hal ini, tapi saya yakin toilet yang nyaman bisa menjadi salah satu alat promosi bagi bisnis travel tersebut. Baik buruknya toilet di point-point travel bisa menjadi pembicaraan orang.

Semoga travel-travel yang ada mau memperbaiki kualitas fasilitas toiletnya untuk kenyamanan para konsumen pengguna jasanya.

Leave a Reply

