Manajemen Password, Gampang-Gampang Susah

Ada berapa jumlah password yang Anda miliki saat ini? Mungkin kebanyakan mempunyai lebih dari satu. Password untuk komputer, email, Internet banking, blog, facebook, twitter, dan lain-lain. Apakah semuanya menggunakan password yang sama? Hehe.

KeePass, salah satu tools untuk manajemen password

Manajemen password ternyata gampang-gampang susah. Untuk membuat password yang kuat ternyata butuh “mikir” juga. Misalnya harus terdiri dari minimal 8 karakter, yang terdiri dari kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka, karakter, dan tidak memuat informasi pribadi seperti tanggal lahir, nomor kartu identitas, nomor telepon. Di samping itu sebaiknya password yang digunakan harus berbeda untuk setiap perangkat atau aplikasi.

Nah… masalah selanjutnya jika Anda sudah membuat password yang kuat adalah gampang diingat atau tidak? bagi user biasa yang tidak memiliki password yang banyak mungkin relatif tidak terlalu memusingkan, tapi bagi admin? Pusing juga sepertinya jika harus mengingat banyak password untuk perangkat atau aplikasi yang jadi tanggung jawabnya. Lebih banyak lupanya ketimbang ingatnya.

Pekan kemarin Info World merilis daftar “Top 10 free open source tools for network admins”. Salah satunya adalah tools untuk manajemen password yang bernama KeePass. Mungkin tools ini bisa menjadi salah satu cara bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam manajemen password.

KeePass dapat digunakan untuk melakukan generate password yang kuat. Tools tersebut juga bisa digunakan untuk menyimpan sejumlah password yang Anda gunakan.

Tertarik mencoba? Silahkan download di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s