Lock Screen, Malas-Malas Gampang

Sebenarnya seberapa pedulikah Anda terhadap data yang ada dalam komputer milik Anda, dan adanya risiko abuse oleh orang lain ? Saya pikir sebagian besar masih kurang peduli. Jangan dulu bertanya tentang data yang sudah dienkripsi atau belum-lah. Yang simpel saja dulu. Apakah Anda selalu mengunci layar komputer (lock screen) jika sedang tidak digunakan atau akan ditinggalkan pergi atau tidak?🙂

Mungkin sebagian diantara kita tidak terlalu peduli akan pentingnya lock screen ini, karena mengganggap data yang ada tidak termasuk rahasia. Padahal siapa yang tahu jika data yang tidak dianggap penting itu jatuh ke tangan kompetitor bisa juga membahayakan eksistensi perusahaan tempat Anda bekerja.

Risiko itu selalu ada, meskipun di kantor sendiri. Anda kan tidak pernah tahu siapa saja yang lewat di ruangan Anda saat komputer ditinggalkan tanpa dikunci, meskipun hanya sebentar.

Lain waktu mungkin data Anda masih aman, namun jika ada yang iseng atau jahil dengan membuat update status di halaman situs jejaring sosial kita yang sedang login, pada akhirnya Anda hanya bisa tersenyum dengan hati menderita karena melihat komentar-komentar dari rekan Anda, hehehe.

Untuk mengunci layar biasanya yang malas adalah saat memulainya. Di sebuah perusahaan yang sudah di-setting lock screen secara otomatis saja misalnya, ternyata masih banyak usernya yang protes, karena malas harus berulangkali login setiap kali screen-nya terkunci.

Sebenarnya jika sudah biasa tidak akan menjadi beban. Nantinya seperti alam bawah sadar kita yang memerintah secara otomatis untuk mengunci setiap akan meninggalkan komputer, dan mengisi kembali password setiap akan menggunakannya kembali.  Mirip-mirip menyetir kendaraan lah…🙂

Masih malas juga untuk me-lock screen? Siap-siap saja muncul status aneh di Facebook atau Twitter Anda, hehe.

5 thoughts on “Lock Screen, Malas-Malas Gampang

  1. Saya pernah menangani sebuah kasus ancaman email. (Terjadi puluhan tahun lalu di Kanada.) Ceritanya seorang dosen diancam oleh mahasiswa. Setelah ditelusuri ternyata yang mengancam adalah mahasiswa lain yang menggunakan account seorang mahasiswa yang lupa mengunci layarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s