Coretan Dinding Sang Bocah

Sore itu cukup kaget juga melihat pintu ruangan depan dan tembok di ruangan tv tiba-tiba sudah banyak coretan crayon dan kapur tulis. Ternyata ini ulah si sulung. Ketika saya tanya kepadanya kenapa pintu dan dinding dicorat-coret? Dia menjawab dengan sederhana: “Biar bagus, yah.”🙂

Rasa kesal sih ada, tapi namanya juga anak-anak. Kalau dilarang khawatirnya akan menghambat kreativitas dan pengungkapan ekspresinya, karena aktivitas corat-coret ini sebenarnya merupakan salah satu cara untuk melatih motorik halus anak.

Sempat saya coba menawarkan kepadanya untuk mencorat-coret di buku gambar, namun dia kurang suka. Akhirnya saya mencoba menawarkan opsi lain kepadanya untuk memindahkan aktivitas menggambarnya itu ke kamar dia. Saya memberikan kebebasan kepada si sulung untuk mencorat-coret kamar sesukanya. Untunglah dia setuju. Deal!!

Alhasil kamarnya kini penuh dengan coretan dengan berbagai macam obyek yang aneh yang sulit dimengerti. Kadang saya sampai tertawa terbahak-bahak jika mendengar ceritanya yang lucu tentang gambar-gambar itu. Dia bilang pengguin Madagaskar lah, si Buzz dalam Toy Story lah, dan tokoh-tokoh kartun lainnya.

Yang pasti kini saya lega. Ruangan utama tidak dipenuhi hiasan crayon, spidol maupun kapur tulis, namun kreativitas sang bocah tetap berkembang.

7 thoughts on “Coretan Dinding Sang Bocah

  1. keren aih… kalo diteruskan mungkin design grafis deh masuknya.. salam kenal pak.. sekaligus salam buat adeknya🙂

    Bang Almas:
    Desainnya masih abstrak🙂. Salam kenal juga, Abang tinggal dimana? LOL

  2. Wakakakakaka:mrgreen:
    Lucu gambarnya pak…..
    Hmmm.. emang bener sebagai orangtua kita seharusnya memfasilitasi, memberikan motivasi,dan mengarahkan bibit-bibit bangsa yang di kemudian hari merupakan calon-calon pemimpin bangsa ini…🙂

    Lucky:
    Kalau dilarang nanti takut malah menghambat kreativitasnya. yang penting gimana caranya dia tetap kreatif tapi tidak mengotori ruang utama😀

    • Iya, hehe. Saya punya 3 blog. Yang ini khusus saya buat kalau lagi males nulis yang panjang2. Blog indra kh untuk yang agak serius dan banyak bercerita, yang satunya lagi khusus buat review kuliner😀

      Ya berbagi ilmu saja, mas. Siapa tahu apa yang saya lakukan terhadap anak bisa bermanfaat buat orang lain.

Leave a Reply

